Wednesday, January 18, 2017

Cara atasi blue screen | 15 Code rahasia pemecahan masalah BSOD

Cara mengatasi layar blue screen


Kode rahasia unik dibalik Blue Screen of Death Windows 7

Membuka code rahasia dibalik code-code notifikasi permasalahan Blue Screen serta cara pemecahan masalah dari masing-masing pesan code Blue Scrren of Death yang lebih sering dikenal dengan istilah BSOD (Blue Screen Of Death)

Sebelum itu membahas code rahasia Blue Screen pahami terlebih dahulu apa itu BSOD → Selengkapnya tentang pengertian BSOD  (Blue Screen Of Death) silahkan simak pada artikel " Pengertian Blue Screen" 

Blue Screen Of Death | Bocahweb.com
Blue Screen Of Death | Bocahweb


Perlu diketahui bahwasanya akan ada banyak sekali code rahasia yang akan ditampilkan dalam Blue Screen Of Death , masing-masing Code masing-masing pula cara mengatasinya . Oleh karena itu simak baik-baik Pesan Code yang muncul pada layar Blue Screen dibawah ini:

1. Data Bus Error (stop code 0X0000002E)
Jika kode ini yang muncul pada layar Blue Screen Of Death biasanya disebabkan karena adanya kerusakan pada perangkat Hhardware komputer anda kususnya Memory , Hardisk dan Motherboard. Berikut cara mengatasi Blue Screen Of Death degan pesan diatas:

  • Periksa kerusakan ketiga hardware tersebut
  • Ganti perangakat kearasnya (Recomendasi)


2. Attempted Write To Read Only Memory (stop code 0X000000BE)
Jika pada layar Blue Screen Of Death anda muncul code macam ini biasanya disebabkan adanya kesalahan pada Driver atau Service. Dalam hal ini biasanya nama File dan Service yang bermasalah akan disebutkan. Berikut cara mengatasi Blue Screen Of Death degan pesan diatas:

  • Atasi problem ini dengan cara uninstal Software atau Driver tersebut (rolling back the driver)
  • Carilah Software yang sesuaii dengan Operating System perangkat komputer yang anda gunakan


3. Bad Poll Caller (stop code 0X000000C2)
Jika pada layar Blue Screen Of Death muncul code seperti ini biasanya permasalah ini hampir sama dengan permasalahan kode "Attempted write to read only memory" namun ada sedikit tambahan notification pada kode error C2 yaitu disebabkan adanya salah satu Hardware rusak
Jika code C2 ini keluar pada saat melakukan upgrade windows bisa jadi itu disebabkan oleh salah satu Hardware yang tidak kompitable dengan Windows. Berikut cara mengatasi Blue Screen Of Death degan pesan diatas:


  • Cara mengatasinya lepas Hardware yang bermaslah kemudian pasang kembali
  • Ganti Hardware yang rusak dengan yang baru
  • Carilah Hardware yang kompitable dan seuai dengan Windows perangkat komputer yang digunakan.


4. Driver IRQL Not Less Or Equel (stop 0X000000D1)
Muncul kode diatas disebabkan karena salah satu Driver yang terpasang mengakses Hardware Address yang tidak sesuai. dan ada kemungkinan munculnya kode ini disebabkan karena permasalahan seperti pada kode " Attempted write to read only memory" Berikut cara mengatasi Blue Screen Of Death degan pesan diatas:


  • - Cara mengatasinya lihat pada rahasia kode BE Nomor 2


5. Driver Power State Failure (stop code 0X0000009F)
Jika pada layar Blue Screen Of Death keluar kode diatas masalah ini disebabkan karena tidak kompitable/cocok antara " computer's power management " dengan driver atau dengan services yang sedang berjalan. masalah ini sering terjadi pada saat komputer sedang melakukan "hibernasi".Berikut cara mengatasi Blue Screen Of Death degan pesan diatas:


  • - Biasanya nama file akan disebutkan apabila keluar kode diatas maka cobalah untuk uninstal software atau driver tersebut (rolling back the driver)
  • - Cara lain yaitu dengan men-disable  "Windows support for power management"


6. Driver Unloaed Without Cancelling Pending Operations (stop code 0X000000CE)
Jika mencul kode seperti diatas pada layar Blue Screen Of Death, biasanya permasalahan ini hampir sama dengan "Attempted write to read only memory". Berikut cara mengatasi Blue Screen Of Death degan pesan diatas:


  • - Untuk penyelesaian masalah code ini lihat pada penyelesaian kode nomor 2.


7. No More System PTEs (stop code 0X0000003F)
Dapat didiagnosa secara kasat mata jika keluar kode tersebut diatas pada layar Blue Screen Of Death maka komputer anda sedang mengalami permasalahan pada Windows, dimana windows anda kekurangan Page Table Entries (PTEs). Berikut cara mengatasi Blue Screen Of Death degan pesan diatas:


  • Bagaimana cara mengatasi masalah pada layar blue screen of death yang keluar kode ' No More System PTEs (stop code 0X0000003F). untuk lebih lengkapnya silahkan dibaca disini BocahWeb.0X0000003F


8. Driver Used Excessive PTEs (0X000000D)
Problem ini mirip dengan kode nomor 7. silahkan lihat penyebab dan cara penyelesaiannya


9. Hardware Interrupt Strom (stop code 0X000000F2)
Masalah munculnya kode ini biasanya terletak pada hardware USB atau SCSI Conctroller  gagal untuk meleas sebuah IRQ , kegagalan ini ditandai dengan adanya masalah pada driver.
tambahan penginggat , biasanya masalah ini juga bisa adisebabkan karena adanya dua perangkat yang menggunakan IRQ yang sama dengan waktu bersamaan.


10. Inaccessible Boot Device (stop code 0X0000007B)
Jika pada layar Blue Screen Of Death keluar kode ini biasanya windows tidak saat  membaca data mengenai "sytem boot partition". masalah seperti ini seringkali muncul saat melakukan startup windows. bisa juga terjadi karena hardisk error atau bisa juga disebabkan karena file boot.ini cacat (corrupted) . catatan jika disk drive , partisi dan file boot.ini  tidak ada masalah (ketika dua operating system terinstal) cobalah untuk mengecek setting booting ada BIOS. Berikut cara mengatasi Blue Screen Of Death degan pesan diatas:

  • -Apabila masalah ini muncul ada saat Upgrade windows bisa jadi masalah ini disebabkan karena hardware yang terpasang tidak kompitable
  • Cari atau lebih Maximalnya ganti dan sesuaikan dengan windows-nya langsung


11. Kernel DataInpage Error (stop code 0X0000007A)
Ketika layar blue screen munul kode sperti ini maka permasalahannya kemungkinan terdapat pada virtual memory karena windows tidak dapat membaca atau menulis data ke swap file. untuk kemungkinan penyebab dari munculnya kode ini adalah karena hardisk bad sectors , karena virus , memory rusak, atau juga karena kerusakan pada motherboard. Berikut cara mengatasi Blue Screen Of Death degan pesan diatas:


  • Periksa kondisi Hardisk , Memory dan Motherboard.
  • Jika ditemukan slaah satu mengalami kerusakan ganti dengan yang baru.


12. Kernel Stack Inpage Error (stop coe 0X00000077)
Pasalah ini sama dengan yang terjadi pada kode 07A Momer 11. diatas silahkan lihat kembali.


13.Kmode Exeption Not Handled (stop code 0X0000001E)
Terjadi karena adanya kesalahan pada driver atau service dan juga dari konflik IRQ , apabila nama file error disebutkan maka anda tinggal memeriksa keadaan file tersebut , untuk recomendasi uinstall software atau driver tersebut (rolling back the driver). masalah ini juga bisa disebabkan karena kekurangan space disk ada saat melakukan instalasi windows.  Usahakan menggunakna space yang cukup pad asaat instalasi OS.



14. NTFS File System (stop code 0X00000024)
Error yang keluar dengan kode ini disebabkan karena adanya masalah yang dilaporkan oleh Ntfs.sys (Driver yang yang digunakan untuk membaca dan menulis NTFS). Berikut cara mengatasi Blue Screen Of Death degan pesan diatas:


  • Catatan jika anda menggunakan files system FAT 32, massage error yang timbul ini akan sama dengan kode (stop code 0X00000023)
  • Ganti hardisk dengan yang baru atau yang dalam kondisi  baik. 

15. Page Fault In Nonpaged Area (stop code 0X00000050)
Untuk penyebab munculnya kode ini dan bagaimana penyelesaian silahkan lihat penyelesaian kode error pada nomor 2 tentang "Attempted Write To Read Only Memory" karena disebabkan oleh hal yang sama.


Masih banyak lagi kode rahasia dibalik munculnya layar blue screen/ Blue Screen Of Death dari cara diagnosanya penyebab hingga cara mengatasi Blue Screen Of Death .. terlalu panjang jika saya uraikan semuanya disatu artikel . untuk mengetahui kode rahasia dibalik massage layar blue screen yang lainnya bisa dilihat di artikel ini BocahWeb.BSOD2 ... selamat membaca semoga bermanfaat dan membantu menyelesaikan masalah blue screen pada layar komuter anda.

Terimakasih salam Bocahweb

1 komentar so far


EmoticonEmoticon