Tuesday, May 23, 2017

CARA KERJA MALWARE RANSOMWARE WANNACRY | Full security

Kehadiran dari virus Ransomware Wannacry memang sangat menggemparkan jagat dunia teknoligi , bagaimana tidak kehadiran ransomware yang terkesan mendadak muncul ditengah-tengah perkembangan dunia kecanggihan teknologi hal ini menyebabkan kecemasan dan rasa takut disemua pihak tak terkecuali diindoensia terlebih lagi Malware ini menyerang Os Basis Windows tentu ini akan membuat keresahan luarbiasa bagi masyarakat indonesia yang gemar mencintai prodak bajakan.

Bagaimana sih cara penyebaran ransomware Wannacry?
Sangat beragam bisa melalui sebuah iklan diweb storage, spam email juga bisa melalui perpindahan USB dan LAN. yang lebih sadis lagi Ransomware Wannacry juga ada yang terindikasi extension , plugin , addon browser yang didownload bukan dari prodak asali layanan browser tersebut, jadi diperlukan security lavel Maxxx.. 

Ransomeware wannacry bocahweb
Ransomeware wannacry

hingga artikel ini dipublikasikan masih belum ditemukan tool aplikasi untuk dapat mendescript kembali file yang sudah dilalap oleh Cerber3 kecuali dengan menggunakan jenis browser yang telah diciptakan oleh sipembuat malwer ransomware wannacry itu sendiri, pastikan untuk mengupdate  dan membersihkan PC anda dengan antivirus yang telah anda pasang, untuk melakukan tindakan penanganan pertama dari serangan wannacry.

Beberapa Extensi file yang biasa menjadi target Malware Ransomeware Wanacry:

  • Commonly used office file extensions ( .ppt, .doc, .docx, .xlsx, .sxi )
  • Virtual manchine file ( .vmx, .vmdk, .vdi )
  • Developers’ sourcecode and project files (.php, .java, .cpp, .pas, .asm)
  • Email and email database (.eml, .msg, .ost, .pst, .edb)
  • Developers, sourcecode and project file ( .php, .java, .cpp, .pas, .asm )
  • Database file ( .sql, .accdb, .mdb, .dbf, .odb, .myd)
  • Less common and nation-specific office format (.sxw, .odt, .hwp)
  • Graphic designers, artists and photographers file ( .vsd, .odg, .raw, .nef, .svg, .psd)
  • Archives , media files ( .zip, .rar, .tar, .bz2, .mp4, .mkv )
Bagaimana cara kerja malware Ransonware Wannacry ?
  1. Pada bebeapa statistik Ransomware Wannacry melakukan pelumpuhan pada komputer dengan cara mematikan beberapa tool dan proram yang terdapat pada Registry.
  2. Kemudian melakukan pelumpuhan pada keyboard dan mouse, dan hanya kaan menyisakan tomol nomor aktif , ditujukan sebagai tombol melakukan transaksi penebusan file dengan jumlah nominal angka.
  3. Selanjutnya melakukan unduhan data dan menampilakan pesan notifikasi sebagai peringatan yang isinya mengaku sebagai pihak penegak hukum.
  4. Pesan terakhir menunjukan bahwa seolah-olah pengguna telah melakukan tidakan ilegal dalam internet, sehingga siengguna diaahkan untuk melakukan pembayaran atau penebusan data agar dapat kembali mengakses sistem komputernya. atau sahabat bisa lihat beberapa cara kerja malware ransomware wannacry pada gambar dibawah ini
    Cara kerja wannacry bocahweb.blogspot.co.id
    Cara kerja wannacry

Langkah selanjutnya bagaimana cara mengatasi malware ransomware wannacry yang telah menjangkit lapto atau komputer  sahabat, silahkan membaca Artikel berikut









EmoticonEmoticon