Monday, October 23, 2017

Pengertian Lengkap Algoritma FCFS (First Come First Served)

FCFS (First Come First Served) → Algoritma ini merupakan algoritma penjadwalan yang paling sederhana yang digunakan Memory CPU. Dengan menggunakan algoritma ini setiap proses yang berada pada status ready dimasukkan kedalam FIFO queue atau antrian dengan prinsip first in first out, sesuai dengan waktu kedatangannya. Proses yang tiba terlebih dahulu yang akan dieksekusi.

Khusus untuk pembahasan kekurangan dan kelebihan menggunakan FCFS (First Come First Served)  → Baca Selengkapnya .... kekurangan dan kelebihan menggunakan FCFS

Contoh proses FCFS algoritma sederhana

Ada tiga buah proses yang datang secara bersamaan yaitu pada 0 ms, P1 memiliki burst time 24 ms, P2 memiliki burst time 3 ms, dan P3 memiliki burst time 3 ms. Hitunglah waiting time rata-rata dan turnaround time( burst time + waiting time) dari ketiga proses tersebut dengan menggunakan algoritma FCFS.

Waiting time untuk P1 adalah 0 ms (P1 tidak perlu menunggu), sedangkan untuk P2 adalah sebesar 24 ms (menunggu P1 selesai), dan untuk P3 sebesar 27 ms (menunggu P1 dan P2 selesai). Lihat dan perhatikan gambar dibawah
Gantt Chart Kedatangan Proses


Urutan kedatangan adalah P1, P2 , P3; gantt chart untuk urutan ini adalah:

  1. Waiting time rata-ratanya adalah sebesar(0+24+27)/3 = 17ms. 
  2. Turnaround time untuk P1 sebesar 24 ms, sedangkan untuk P2 sebesar 27 ms (dihitung dari awal kedatangan P2 hingga selesai dieksekusi), untuk P3 sebesar 30 ms. Turnaround time rata-rata untuk ketiga proses tersebut adalah (24+27+30)/3 = 27 ms. Kelemahan dari algoritma ini: Waiting time rata-ratanya cukup lama. Terjadinya convoy effect, yaitu proses-proses menunggu lama untuk menunggu 1 proses besar yang sedang dieksekusi oleh CPU. Algoritma ini juga menerapkan konsep non-preemptive, yaitu setiap proses yang sedang dieksekusi oleh CPU tidak dapat di-interrupt oleh proses yang lain. 


Misalkan proses dibalik sehingga urutan kedatangan adalah P3, P2, P1. Waiting time adalah P1=6; P2=3; P3=0. Average waiting time: (6+3+0)/3=3.

Gantt Chart Kedatangan Proses Sesudah Urutan Kedatangan Dibalik
Baca juga artikel terkait lainya :
  • SJF (Shortes Job First) → Baca Selengkapnya .... 
  • ROUND ROBIN → Baca Selengkapnya ....


EmoticonEmoticon