Thursday, November 23, 2017

Jaringan Komputer Berdasarkan Fungsi

Tags

Jaringan Komputer berdasarkan Fungsi Pada umumnya hanya ada dua model yang hingga saat ini masih sangat populer disemua kalangan baik dalam sekala kecil dan besar kedau model jarigan ini akan selalu menjadi infrastruktur dalam membangun jaringan sesuai kebutuhan.

Img Source : https://pixabay.com


Client - Server

Sebuah Infrastruktur jaringan komputer bersekala luas/besar dengan mengutakan sistem keamanan data didalamnya. Pada model jaringan Clien-Server selalu terdapat satu perangakat komputer yang berfungsi sebagai penyedia layanan (Resource) bagi komputer lain yang terhubung pada jaringan yang disebut sebagai "SERVER". Sedangkan komputer-komputer yang terhubung dalam jaringan tersebut disebut sebagai "CLIENT" yang mana berfungsi sebagai jembatan user untuk mengaskes layanan (Resource) yang terdapat didalam komputer server.

Img : Model jaringan Client-server

Umumnya jaringan lokal client-server ini digunakan dalam jaringan sekala luas/besar yang memprioritaskan keamanan dan keandalan seperti Universitas, Instansi pemerintah dan Perusahaan besar. dan lain-lain.

Baca juga: Cara membangun Jaringan Lokal Client-Server



Peer to peer


Merupakan suatu jaringan di mana tiap host komputer dapat berperansebagai client maupun server. Umumnya digunakan dalam perusahaan berskala kecil dan untuk kebutuhan pribadi. atau juga bisa dikatakan suatu mode  dimana setiap komputer dapat memakai resource pada komputer lain atau memberikan resourcenya untuk komputer lain. Didalam model ini tidak ada yang bertindak sebagai server yang mengatur system transmisi dan komunikasi serta penggunaan resource komputer yang ada dalam sebuah jaringan bebas diakses oleh host yang terhubung. Sehingga dalam jaringan tipe Peer To Peer semua bisa menjadi server dan client pada saat bersamaan.
Img : Model jaringan Peer to Peer


EmoticonEmoticon