Gambaran Dari Teknologi RT/RW-net Yang Lagi Kekinian Dijaman Now - BOCAH WEB

Download Free Android Apps

Ads 728x90

Gambaran Dari Teknologi RT/RW-net Yang Lagi Kekinian Dijaman Now

Seperti apa teknologi RT/RW net yang saat ini lagi populer , sedikit cerita pada tahun 2005 harga sambungan ke Internet sekitar Rp. 4 juta / bulan untuk akses 24 jam kecepatan 64Kbps. Dengan menyambungkan 20 rumah di sebuah RT/RW dimana setiap rumah memperoleh akses internet selama 24 jam Internet dengan membayar Rp. 200.000 / rumah / bulan. Tentunya dengan menambahkan sedikit uang di atas uang iuran akan mencukupi bagi penyelenggara jaringan di RT/RW tersebut. 


Sumber img : Image ilustrasi Teknologi RT/RW-net 

Tampak pada gambar diatas adalah topologi sebuah RT/RW-net sederhana. Dimana sebuah gateway yang beroperasi selama 24 jam yang dapat menggunakan sambungan Wireless ke ISP, atau sambungan lainnya seperti ADSL Speedy dll. melalui Ethernet yang tersambung ke LAN semua rumah di RT/RW tersebut di sambungkan ke jaringan komputer, kemudian pada tahun 2010, akses Internet 24 jam bisa di peroleh dengan biaya Rp. 200.000-an / bulan. Hal ini memungkinkan RT/RW-net seharga Rp. 30-50.000,- / bulan jika di sharing rumah / tetangga. 

Sedangakan Jarak titik yang akan di sambungkan merupakan sumber permasalahan yang mungkin akan membuat anda yang ingin membangun teknologi T/RW net pusing karena dalam mengimplementasikan jaringan RT/RW-net ini agak ribet, jika kita tidka siap dengan segala kemungkinan didalmnya.

Jika dalam jaringan LAN di kantor atau WARNET implementasinya lebih mudah karena hanya membutuhkan kabel yang di sambungkan di dalam ruangan saja dengan Sebuah kabel UTP biasanya hanya cukup reliable untuk jarak 100-150 meter iya kan, sedangkan kita perlu memasang hub sebagai uplink untuk repeater kabel UTP untuk menempuh jarak yang jauh. Betul, teknik ini bukan teknik yang baik untuk memperoleh performance yang baik dari jaringan. Sialnya, teknik ini adalah teknik paling murah untuk membangun jaringan RT/RW-net. 

Bagi mereka yang mempunyai nyali dan lebih menyukai tentangan horor, bisa menggunakan kabel drop wire telkom agar kabel UTP dapat menempuh jarak yang lebih jauh sekitar 1 km-an.

Bagiamana caranya memperpanjang jarak kabel UTP , Caranya sederhana sekali, seperti kita tahu hanya pin 1,2,3 & 6 digunakan pada kabel UTP. Ke empat pin tersebut di perpanjang menggunakan kabel drop wire telkom yang warna hitam itu untuk menempuh jarak 1 km. Dengan cara ini maka instalasi jaringan RT/RW-net dapat lebih murah.

Load comments

Ads 728x90