Thursday, January 26, 2017

5 Kode Rahasia Pada Blue Screen Of Death | Bocahweb

Lima kode rahasia blue screen of death

Meneruskan pembahasan pada Code15-1 dan Code 15-2 tentang kode rahasia pada pesan blue screen yang kemarin , kali ini pada artikel yang Bocahweb posting akan merampungkan 5 kode yang terakhir . yang belom sempat terposting .

Blue Screen Of death
BSOD Bocah web


Langsung saja yang pertama akan kita segera ulas

1. Critical Service Failed (stop code 0 x 0000005E)
jika dalam layar biru kematian anda meuncul kode seperti ini bisa dikenali lebih dalam permasalahan untuk mengidentifikasi permasalahan sistem lakukan solusi dibawah ini
-Solusi penyelesaiannyanya lakukan Restart perangkat komputer anda, diagnosa dengan seksama apakah mampu menyelesaikan masalah , jika tidak
- Copot hardware yang baru saja anda pasangkan 
- Perikasa hardware anda apakah kompitable dengan perangkat windows 2K/XP anda atau tidak dan kemudian lakukan restart perangkat anda sekali lagi.
- Jika hasil masih tetap saja tidak ada perubahan kunakan cara terakhir " Last Know Good Configuration" dan rekomendasi dari Bocahweb lakukan perbaikan langkah terakhir dengan Re-install.

2. Session3 Initiliazation Failed (stop code 0 x0000006F)
Untuk permasalahan kode yang satu ini anda bisa mengidentifikasi pada saat windows startup karena biasanya permasalahan ini terjasdi pada saat melakukan startup , dan pada umumnya akan keluar pesan pertanyaan driver atau kerusakan apa yang disebabkan oleh sistem file.
- Solusi permasalahan kode error ini adalah gunakan CD Installasi Windows untuk me-repair instalasi sistem. atau lakukan peng-instalan ulang.

3. Proses Has Locked Pages (stop code 0 x00000076)
Intro permasalahannya terdapat pada penyelesaian Input dan Output
-Solusi pada kasus permasalahan type kode pesan ini adalah
  • Klik start > Run:regedt32. kemudian lakukan pencarian [HKLM \ SYSTEM \ Currentcontrol Set \ control session manager \ memory management]. selanjutnya doble-byte value  pada sisi kanan " TrackLockedPage", nilai 1.
  • Jika tetap tidak teratasi biasanya akan muncul pesan yang berbeda dari yang sebelumnya dan akan menjadi
  • STOP:0x0000000CB (0xY 0xY 0xY, 0xY) DRIVER_LEFT_LOCKED_IN_PROCESS
  • Perhatikan pada salah satu kode "0xY " akan terdapat nama file datau nama driver yang mengalami kerusakan, 
  • Repaire atau Uninstall driver tersebut untuk menanggananinya
  • kemudian langkah terakhir masuk regrestrasi hapus " TrackLockedPages" yang sudah ditambahkan diawal tadi
  • Jika Multiple IRP Complete Request (stop code 0 x00000044) sering diswebabkan pada driver perangkat hardware / perangkat keras maka Uninstall driver dengan yang baru.
4. RDR File System (stop code 0 x00000027)
Pada banyak kasus yang terjadi jika pada layar biru kematian perangkat muncul kode error yang satu ini permasalahannya sedikit sulit untuk diidentifikasi
" Out Of Windows Memory Managemnet Problem"
ada kemungkinan kesalahan ini dan menyebabkan munculnya stop kode diatas
Untuk bahan pengingat saja,  jika permasalahan pada kode error ini hindari penambahan memory management, atau mengupgrade memory RAM karena akan menyebabkan masalah lain.

5. 0x0000004E - PFN_LIST_CORRUPT
Kode terakhir dari Bocahweb
Besar kemungkinan karena adanya kerusakan pada RAM bisa juga disebabkan karena Ceck suhu yang disebabkan sistem overheating.
- Cobalah melakukan pengetesan pada RAM menggunakan Tester guna menguji RAM tersebut dalam kondisi yang bagaimana
- Problem seperti ini biasa juga disebabkan karena ada bug driver , Bios ataupun problem pada perangkat keras komputer.

- Solusi yang wajib dicoba pada kasus tersebut , 
- Untuk detail teknis penyelesaiannya yaitu daftar Frame Number  (PFN) corrupt, pada khususnya disebabkan dengan melewati daftar deskriptor memori yang tidak dalam kondisi baik
- biasanya setelah stop code error tsdi sksn muncul empat nilai heksa seperti : {Parameter 1, Parameter 2, Parameter3, Parameter4}.

pada parameter pertama menjelaskan type violation (Parameter yang lainnya bisa tergantung tipe dan cenis perangkat komputer yang digunakan.
  • 0x00000001 Heard Daftar Corrupt
  • 0x00000002 Daftar Masukan Corrupt
  • 0x00000007 Driver mengalami Un-lock pada halaman tertentu
  • 0x0000008F Halaman bebas atau halaman kosong dari list head coruupt.
  • 0x00000099 Page Table Entry ( PTE) atau bisa disebut dengan PFN Corrupt
  • 0x0000009A Setatus driver sedang mencoba membersihkan page yang masih terkunci untuk IO
ada juga solusi alternatif lain yang patut dicoba jika yang muncul pada kode error di blu screen adalah kode diatas tersebut maka
  • Periksa RAM jika pada perangkat komputer anda terpasang lebih dari satu RAM pastikan pada speed atau kecepatan dalam versi yang sama, perlu diingat ada beberapa type komputer tidak dapat mendukung prosess sistem jika pada pemasangan RAM lebih dari satu dengan speed yang berbeda.
  • Check RAM apakah sudah sesuai dengan scoket
  • Jika masalah ini muncul pada saat penambahan RAM baru , cobalah untuk melepasnya terlebih dahulu kemudian pasang kembali.
  • Pastikan Motherboard yang ada cocok dan support dengan RAM.
  • jika masalah masih belom teratasi kemungkinan ada problem pada card selain memory ada card yang lain seperti VGA card ,card vidio dan card lain.
  • Biasakan menggunakan fitur " Last Know Good Configuration"
1. Reboot
2. Tekan F8 saat memasuki operating system loading screen
3. Pilih opsi " Last Know Good Configuration"

Tambahan terakhir
apabila problem ini keluar pada saat setelah anda melakukan instalasi software baru , maka cobalah untuk meng-uninstall softwarenya . kemudian lakukan pengupdate-an seluruh driver yang ada , Bios , Grafik Card , Motherboard dan sistem Operating.

Semoga Postingan pada artikel ini bisa memngobati permasalhan yang dialami dan diderita pada screen anda.. lekas sembuh dan semiga bermanfaat.




EmoticonEmoticon