Monday, November 6, 2017

Apa perbedaan Lisensi OLP , OEM , FPP dan PKC Pada Windows

Jika anda adalah calon pengguna Sistem Operasi Windows dengan kualitas original maka anda wajib memahami tentag Lisensi OLP, OEM, FPP & PKC yang nantinya akan menjadi pilihan anda ketika menentukan harga dan spesifikasi dari Sitem Operasi Windows, lantas apa perbedaan dari lisensi OLP, OEM, FPP & PK?
Pentingnya Memahami tentag Lisensi OLP, OEM, FPP & PKC Pada OS Windows

OLP : Open License Program
Merupakan Lisensi yang diperuntukkan bagi perusahaan pada skala kecil-menengah yang menginginkan harga Sistem Operasi Windows yang lebih murah daripada FPP. Minimal pembelian pertamanya adalah 5 unit dari produk aplikasi atau server atau system (bisa campur). Lisensi OLP melekat pada organisasi / perusahaan dan dapat ditransfer antar PC dalam organisasi / perusahaan yang sama. Lisensi yang dijual adalah versi terbaru, misal Microsoft Office 2007, Windows Server 2008, dll. Jika menginginkan versi software yang lama pengguna bisa melakukan down grade versi yang lebih rendah dari versi yang dimiliki (Down Grade Right) 

OEM: Original Equipment Manufacturer
OEM adalah lisensi yang melekat pada PC / Notebook yang bersifat pre-install. Lisensi ini tidak dapat di transfer ke PC lain, karena lisensi ini mengikat ke 1 PC secara hardware. Apabila PC tersebut rusak (motherboard) maka lisensi ini dianggap hangus. Bukti lisensi ini berupa stiker COA (Certificate of Authenticity) harus ditempelkan di CPU/notebook, dan aktivasi dilakukan pada komputer masing masing. 

FPP: Full Package Product 
FPP merupakan lisensi yang dijual secara retail dan tidak mengikat ke hardware. Lisensi ini mengikat ke usernya. Lisensi ini bersifat transferable; dapat dipindahkan ke komputer lain. Bila hardware PC rusak, lisensinya dapat dipindahkan ke komputer lain. Perbandingan 1 lisensi 1 user. 

PKC : Product Key Card PKC 
Product Key Card adalah lisensi baru dari Microsoft untuk produk Microsoft Office 2010. Lisensi ini kurang lebih sama dengan lisensi OEM, namun untuk bukti lisensi nya berupa sebuah kartu product key tanpa media (CD). Lisensi ini bersifat mengikat ke hardware PC dan tidak dapat dipindah ke PC lain.

Baca juga
Atau baca juga artikel pilihan hari ini:


EmoticonEmoticon