Merancang subuah Database menggunakan Ms. Access pada sebuah perusaan , yang mana dalam skema rancangan tersebut memiliki beberapa kriteria yang umum digunakan dalam membangun database sesungghuhnya.
Apa itu Database ? pelajari selengkapnya tentnag Database pada postingan sayas ebelumnya
- Pengertian dan fungsi lengkap Database
 
Setelah mempelajari tentang Apa itu Database dengan baik selanjutnya kita akan merancang sekema sederhana Database yang digunakan pada sebuah perusahaan.
Contoh:
Sebuah perusahaan bernama PT.Elektronik Indo Raya yang bergerak dibidang produksi barang-barang Elektronik dalam prusahaan tersebut memiliki kriteria:
- Karyawan dan Tabel Gaji
 - Costumer Luar dan Lokal
 - Suplayer Luar dan Lokal
 - Produk
 
Selanjutnya kita buka Ms. Access untuk memulai perancangannya
Langkah pertama ( Membuat Tabel )
Sebelumnya silahkan pelajari selengkapnya tentang 
Tabel Karyawan
Tabel ini nantinya akan berisi sejumlah Database yang menyimpan biodata karyawan yang meliputi:
- NIK Karyawan (Premiery key)
 - Nama Karyawan
 - Divisi Karyawan
 - Tanggal Lahir Karyawan
 - Alamat Karyawan
 - Gender Karyawan
 - No Telepone Karyawan
 - Emai Karyawan
 - Hasil lihat pada Iamge01
 
| Image 01 . Tabel biodata Karyawan | 
Tabel Gaji ini nantinya akan berfungsi sebagai tabel kombinasi dengan Tabel Karyawan untuk membuat tabel Relasi/Query taitu tabel Data Gaji
- No. Slip Gaji
 - NIK Karyawan
 - Golongan Karyawan
 - Absensi
 - Bulan
 - Hasil Tabel Gaji lihat pada Image 02
 
Buat dua Tabel yang nantinya akan menyimpan sejumlah data Costumers Lokal pada Tabel Lokal dan Cotumers Luar pada Tabel Luar 
- Cotumers Id (Premiery key)
 - Nama Perusahaan Cotumers
 - Nama Kontak Cotumers
 - Divisi Cotumers
 - Alamat Cotumers
 - Kota Cotumers
 - Provinsi Cotumers
 - Kode Pos Cotumers
 - Negara Cotumers
 - No Telepone Cotumers
 - Fax Cotumers
 - Email Cotumers
 - Hasil lihat pada Image 03
 
| Image 03 . Tabel Customer Luar dan Lokal | 
Tabel Suplayer Lokal dan Luar
Buat dua Tabel Suplayer ,Tabel Suplayer Lokal untuk menyimpan database Suplayer Lokal dan data Suplayer Luar untuk menyimpan database suplayer luar
- ID Suplayer (Premiery key)
 - Nama Suplayer
 - Item/Poduk Suplayer
 - Alamat Suplayer
 - No telepone Suplayer
 - Fax Suplayer
 - Email Suplayer
 - Hasil lihat pada Iamge04
 
| Image 04 . Tabel Suplayer Lokal dan Luar | 
Membuat tabel Produk ,untuk membuat Tabel Produk diperlukan banyak tabel dimana tabel-tabel ini akan menyimpan data-data dari jenis produk dengan masing-masing type produk , Berikut kriteria Tabel Produk:
- Id Produk
 - Nama Produk
 - Type/model Produk
 - Harga Produk
 - Keterangan Produk
 - Hasil Tabel lihat pada Image 05
 
| Image 0.5 Tabel Produk | 
Tabel yang dibuat disini sejumlah 8 tabel yang berisi masing-masing produk yang dibuat oleh perusahaan
Setelah kebutuhan tabel selesai dibuat, lanjut pada lanagkah kedua membuat Query.
Langkah kedua (Membuat Relasi/Query) dan Logika
Pada langkah kedua membuat Relasi/ Query dengan mengambil data pada Tabel Karyawan dan Tabel Gaji , Relasi/Query ini nantinya akan digunakan sebagai acuan untuk melakukan perintah-perintah khusus pada keseluruhan Tabel Karyawan dan Tabel Gaji seperti
- Membuat rule Jabatan
 - Membuat rule Gaji pokok
 - Membuat rule Tunjangan Hadir
 - Membuat rule Total Gaji Karyawan
 
Cara membuat Relasi / Query pada Tabel Karyawan dan Tabel Gaji
Berikut hasil Relasi dari Tabel Karyawan dan Tabel Gaji
Untuk hasil Query penggabungan dari Tabel Karyawan dan Tabel Gaji yang terdiri dari:
| Image 06 . Relasi Tabel Karyawan dan Tabel Gaji Karyawan | 
Untuk hasil Query penggabungan dari Tabel Karyawan dan Tabel Gaji yang terdiri dari:
- No Slip Karyawan
 - NIK Karyawan
 - Nama Karyawan
 - Divisi Karyawan
 - Golongan Karyawan
 - Jabatan Karyawan
 - Gaji Pokok Karyawan
 - Absensi Karyawan
 - Tunjangan Hadir Karyawan
 - Gaji Total Karyawan
 - Bulan
 - Hasil lihat pada Image07
 
| Image 07 . Tabel Data Gaji | 
- JABATAN: IIf([GOLONGAN]=1,"MANAGER",IIf([GOLONGAN]=2,"SUPERVISOR",IIf([GOLONGAN]=3,"STAFF",IIf([GOLONGAN]=4,"OWNER"))))
 - TUNJANGAN HADIR: IIf([GOLONGAN]=1,[GAJI POKOK]*2/100,IIf([GOLONGAN]=2,[GAJI POKOK]*3/200,[GAJI POKOK]*1/100))
 - TOTAL GAJI: IIf([GOLONGAN]=3,([ABSENSI]*117000),IIf([GOLONGAN]=2,([ABSENSI]*134000),IIf([GOLONGAN]=1,([ABSENSI]*167000),IIf([GOLONGAN]=4,([ABSENSI]*234000)))))+[TUNJANGAN HADIR]
 
Untuk Relasi/Query telah selesai dibuat selanjutnya membuat Form
Langkah ketiga (Membuat Form)
Apa itu FORM , Selengkapnya tentang form bisa dipelajari pada postingan sebelumnya 
- Pengertian tentang Form pada Access
 - Cara membuat Form di Access
 
Untuk Form kita akan design pada Tabel Karyawan , Tabel Suplayer Luar dan Lokal , Tabel Costumer Luar dan Lokal dan Tabel Produk
| Image 0.8 | 
Hasil dari pembuatan Form Karyawan dengan fitur Tabah data , Cari data dan Exit
| Image 09 . Tabel FORM Karyawan | 
| Iamge 10 . Tabel FORM Costumer | 
| Image 11 . Tabel FORM Suplayer | 
| Image 12 . Tabel FORM Produk | 
Langkah keempat (Membuat Report Gaji Karyawan)
Apa itu Report ? Pelajari tentang report pada artikel sebelumnya:
- Tentang Report
 - Keguanaan Report
 - Cara membuat Report pada Ms.Access
 
Membuat Report Dtaa Gaji Karyawan hasil lihat pada Image13 dibawah
| Image 14 . Hasil Report Data Gaji Karyawan | 
Langkah Kelima (Membuat Swicthboard)
Apa itu Swicthboard ? pelajari tentang swicthboard selengkapnya pada artikel sebelumnya tentang
- Pengertian Swicthboard
 - Cara membuat Swicthboard pada Ms. Access
 
Untuk memudahkan kita mengakses kumpulan database lebih mudah kita buat Swicthboard 
berikut hasil dari Swicthboard yang telah dibuat:
| Image 14 . Menu Swicthboard | 
- Data Karyawan
 - Data Customer Lokal
 - Data Customer Luar
 - Data Suplayer Lokal
 - Data Suplayer Luar
 - Report Gaji Karyawan
 
Selasai..