Tuesday, May 23, 2017

MENCEGAH VIRUS RANSOMWARE | Full security

Bocahweb.blogspot.co.id

Dunia teknologi memang semakin hari semakin berkembang , namun tanpa kita sadari tidak kejahatan dalam dunia teknologi pun kini semakin berbahaya , belakangan ini kita dikejutkan dengan hadirnya sebuah virus ransomware atau lebih dikenal dunia sebagai Wannacry yang telah membombardir hampir seluruh jaringan kompter dengan OS basis Windows di belahan dunia tak terkecuali indonesia,

ransomeware wannacry bocahweb.blogspot.co.id
Ransomware

Ransomware atau Wannacry sebenarnya telah lama dilouncing oleh para craker pada tahun 2013 namun tidak seganas tahun ini , ada beberapa hal aneh dalam kehadirannya virus ransomware/ wannacary kali ini , selain menyerang pengguna basis windows wannacry meminta sejumlah uang tebusan dengan menjual modus klasik menyandra sistem atau data penting, virus Ransomware ini lebih dispesifikasikan melakukan sebuah attacker pada sistem basis windows yang memiliki kelemahan pada fungsi SMB yang memang dijalankan pada OS basis windows.

Pertama kali attacker Ransomware Wannacry ini menjangkit salah satu tool cyber yang diguankan NSA (National Security Agensy) yaitu sebuah kode pemograman (exploit) yang memanfaatkan kelemahan sistem dari microsoft windows. Expolit ini dirancang sebagai suatu metode untuk menyebarkan secara cepat sebuah software perusak yang bernama Wannacry keberbagai belahan dunia, Group yang melakukan menyebaran Wannacry ini adalah Shadow Broker,

Sudah banyak korban yang mengalami serangan virus wannacry baik personal atau pun universitas, rumah sakit bahkan intansi pemerintahan , wannacry melakukan penyandaraan sistem ata data kemudian mengarahkan pemilik  melakukan transaksi tebusan agar data dapat digunakan kembali. Serangan dari pada ransomware ini dikatagorikan sebagai serangan teroris cyber karena melakukan sebuah penyerangan bersifat menyebar dan masif dengan object utama critical resource ( sumber data / sistem terpenting ).

Pihak Microsoft sendiri sebenarnya telah lama mengumumkan patch keamanan bertajuk M S 17-010 yang menuju kearah critical dan jelas mengarah pada penambalan celah kelemahan sistem keamanan dan fungsi SMB. Tidak tangung-tangung hampis semua varian Os Windows mendapatkan jatah kode keamanan ini, Untuk mendapatkannya silahkan kunjungi halaman resmi Microsoft dari mulai Win. Vista sampai Win 10 dan keseluruhan diwajibkan untuk mengupdate keamanan yang telah disiapkan. itu artinya pihak Microsoft telah menyadari kehadiran Wannacry yang berpotensi menyerang OS Windows dan variannya.

Kusus bagi pengguna Os Windows diindonesia perlu kita ingat bahwa kebanyakan orang diindonesia lebih bangga dengan Windows bajakan ketimbang Windows Ori, hal inilah yang menyebabkan risiko besar indonesia lebih rentan teejangkit wannacry.

Lantas bagaimana cara kerja dari Wannacry bagaimana cara mencegah wannacry dan bagaimana cara mengantisipasi wannacry agar tidak menyerang komputer dan menyandara data penting kita.


Selanjutnya sahabat pelajari dan sahabat baca pada artikel berikutnya tentang




EmoticonEmoticon