7 FITUR ANDROID OREO - BOCAH WEB

Download Free Android Apps

Ads 728x90

7 FITUR ANDROID OREO

Bocah web - Dikutip dari artikel CNN Indonesia 

Android 8.0 akhirnya resmi diperkenalkan Google sebagai Android Oreo. Saat ini, Oreo masih dalam tahap pengembangan terbatas di kalangan pengembang atau publik beta dan baru akan dirilis secara global pada akhir tahun 2017.

Android Oreo | Versi 8.0 | Bocah web
Android Oreo | Versi 8.0 | Bocah web


Google memboyong sederet fitur baru pada sistem operasi Android 8.0 Oreo. (Foto: Screenshot via android.com)

Sesuai tradisi, ponsel besutan Google seperti Pixel, Pixel XL, Nexus 5 dan seris Nexus tertentu dipastikan jadi yang pertama mencicipi manisnya Oreo terlebih dahulu. Sebagai penerus Nougat, Oreo menjanjikan sejumlah fitur baru yang lebih family dan perubahan yang menarik.

Mengutip Trusted reviews, berikut beberapa perubahan dan fitur penting Android Oreo. 
  1. Pembatasan latar belakang Pengguna ponsel pintar selalu khawatir kehabisan baterai sehingga Google memutuskan untuk membuat perbaikan di Android terbaru dengan membatasi aplikasi yang berjalan di latar belakang. Lihat juga:Gerhana Matahari jadi Momen Google Perkenalkan Android Oreo Google meningkatkan jumlah pembatasan otomatis untuk hal-hal apa saja yang bisa dilakukan aplikasi di latar belakang. "Perubahan ini akan memudahkan pembuatan aplikasi yang berdampak minimal pada perangkat dan baterai pengguna. Batas latar belakang merupakan perubahan signifikan pada Android, jadi kami ingin setiap pengembang mengenal mereka, " demikian keterangan Google dalam blognya. 

  2. Gambar dalam gambar Google akan memperkenalkan fungsionalitas baru yang bisa menjadi perubahan paling bermanfaat di Oreo. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk terus menonton video dengan layar kecil virtual sembari melakukan hal lain di aplikasi yang berbeda. Google juga mengatakan bahwa aplikasi akan bisa menyalakan mode gambar dalam gambar secara otomatis. Dengan begitu, pengguna akan tetap bisa menonton video di Youtube sambil membalas email di Gmail.

  3. Pemberitahun berkelompok Perusahaan teknologi raksasa yang berbasis di Mountain View ini berencana untuk mengelompokkan pemberitahuan atau notifikasi dalam channel. Gunanya adalah untuk memberikan kontrol lebih banyak kepada pengguna terkait kategori pemberitahuan aplikasi. "Pengguna bisa memblokir atau mengubah kebiasaan dari channel masing-masing, alih-alih mengatur semua pemberitahuan aplikasi sekaligus," terang Google. Lihat juga:Ikuti Tren, Pixel 2 Singkirkan Lubang Audio Google juga memungkinkan pengguna untuk mematikan sementara notifikasi dari suatu aplikasi selama waktu yang diinginkan. Pengguna bisa memilih snooze pemberitahuan dalam 15 menit, 30 menit hingga sejam. Selain itu, Google juga akan memberikan titik kecil pada aplikasi yang memiliki notifikasi belum terbuka. Fitur ini sebenarnya sudah dimiliki terlebih dahulu oleh pengguna iOS.

  4. Pengisian password otomatis Google berharap bisa menghemat waktu pengguna dengan menggunakan Autofill API. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengizinkan aplikasi manajer password untuk bekerja dengan sistem operasi Android sehingga pengguna bisa mengaksesnya seperti keyboard pihak ketiga. "Pengguna Android sudah bergantung pada sejumlah pengelola kata sandi untuk mengisi detail masuk secara otomatis dan informasi berulang, yang membuat pemasangan aplikasi baru atau agar lebih mudah melakukan transaksi. Sekarang kami membuat ini lebih mudah dan tersedia di seluruh ekosistem dengan menambahkan dukungan platform untuk pengisian otomatis," jelas Google.

  5. Penambahan ikon adaptif Fitur lain yang ditunggu-tunggu adalah penambahan ikon adaptif. Ini berarti pengembang akan dapat menggunakan ikon aplikasi berbeda bentuk, tergantung pada preferensi produsen. Ikon aplikasi juga akan mendukung pemberitahuan lencana, seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Lihat juga:Android O Mungkin Datang Lebih Awal

  6. Navigasi keyboard lebih baik Perubahan besar lain yang dibawa Oreo adalah navigasi keyboard. Menurut Google, kebanyakan pengguna menggunakan aplikasi pihak ketiga dari Playstore di OS Google Chrome. "Di Android O, kami berfokus untuk membangun model navigasi 'panah' dan 'tab' yang lebih andal dan dapat diprediksi yang membantu pengembang dan pengguna," kata Google.

  7. Kamera lebih baik Google menghabiskan waktu lama untuk mengolah ulang aplikasi kamera. Untuk mengakses kamera, Google menawarkan fitur ketuk dua kali terbaru yang memungkinkan Anda pengguna dengan cepat mendapatkan zoom 50 persen. Ada juga tombol khusus baru yang memungkinkan pengguna beralih antara mode foto dan video. Sebelumnya, pengguna harus menggesek dan hal tersebut di nilai tidak intuitif.
Lihat juga:Gerhana Matahari jadi Momen Google Perkenalkan Android Oreo

Beberapa vendor ponsel yang bersiap menerima Android Oreo sebagai sistem operasi terbarunya antara lain:

  • - Essential
  • - General Mobile
  • - HMD Global (pemilik mere Nokia saat ini)
  • - Huawei
  • - HTC
  • - Kyocera
  • - LG
  • - Motorola
  •  - Samsung
  • - Sharp
  • - Sony

Load comments

Ads 728x90